10+ Jenis jenis Penelitian Kuantitatif yang Perlu Anda Ketahui!

Jenis jenis Penelitian Kuantitatif – Suatu penelitian bisa dilakukan dengan menggunakan macam-macam metode penelitian. Tak hanya penelitian secara kualitatif, penelitian juga bisa dilakukan dengan secara kuantitatif. Berikut ini adalah jenis jenis penelitian kuantitatif.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian Kuantitatif

Suatu penelitian kuantitatif menggunakan banyak data angka dan dihitung atau diproses secara statistik  yang lebih menekankan pada aspek pengukuran dengan secara objektif. Dalam penelitian kuantitatif maka data akan diterjemahkan ke dalam angka lalu dianalisa guna mendapatkan hasil analisanya.

Penelitian kuantitatif bisa bersifat deskriptif, atau korelasi, atau asosiatif dengan berdasar pada hubungan antar variabel. Sedangkan bedanya dengan penelitian kualitatif ialah karena suatu penelitian kualitatif itu lebih banyak melakukan kaji teori dan studi literatur, jangka waktunya juga bisa lebih lama.

Penelitian kuantitatif bisa digunakan pada ilmu alam maupun juga pada ilmu sosial, seperti contohnya pada ilmu fisika serta biologi hingga ilmu sosiologi dan ekonomi juga jurnalisme dan lain sebagainya.

Aneka Jenis Penelitian Kuantitatif

Berikut ini adalah berbagai jenis penelitian kuantitatif.

Berdasarkan Metode Pengumpulan Datanya

Berdasarkan Metode Pengumpulan Datanya

Berdasarkan cara pengumpulan datanya maka penelitian kuantitatif bisa dibedakan menjadi metode experimental dan metode survey.

Metode Eksperimental

Metode Eksperimental

Metode penelitian eksperimental dilakukan jika peneliti ingin mengetahui hasil atau hendak melakukan evaluasi atas perlakuan tertentu terhadap suatu kelompok masyarakat.

Riset eksperimental akan melibatkan dua kelompok, pada satu kelompok mendapat perlakuan atau treatment tertentu, sedangkan pada kelompok lainnya tidak diberi treatment atau mendapat perlakuan khusus tertentu.

Apabila hasil dampak pada kedua kelompok cenderung sama, maka treatment atau perlakuan khusus tersebut tidak efektif. Namun jika terdapat perbedaan hasil dampaknya secara signifikan, maka treatment atau perlakuan khusus tersebut efektif.

Jenis jenis Penelitian Kuantitatif  “Metode Survey”

Jenis jenis Penelitian Kuantitatif  "Metode Survey"

Metode Survei digunakan ketika peneliti ingin mengetahui trend, atau perilaku, atau pendapat dari suatu populasi dengan mengkaji sampel dari populasi yang menjadi target. Data didapatkan dengan penyebaran kuesioner yang diisi oleh para responden atau dengan melakukan  wawancara terstruktur, baik secara tertulis atau lisan. Hasil datanya lalu diolah serta digeneralisasi terhadap populasi target.

Berdasarkan Metode Analisanya

Lalu berdasarkan cara analisanya berikut ini jenis penelitian kuantitatif tersebut.

Penelitian Kuantitatif Descriptive

Penelitian descriptive  hanya mengukur suatu variabel pada populasi ataupun sampel. Penelitian deskriptif ialah suatu jenis metode yang menggambarkan atau memaparkan suatu objek serta subjek yang sedang diteliti apa adanya tanpa rekayasa apapun. Berbeda dengan penelitian yang bersifat korelasi ataupun juga asosiatif yang melihat hubungan antara dua variabel atau lebih.

Penelitian Kuantitatif Korelasi

Penelitian kuantitatif korelasi menunjukkan hubungan dan menggambarkan antara dua atau lebih variabel fakta dan juga sifat-sifat objek yang sedang diteliti. Penelitian tersebut dilakukan guna membandingkan antar persamaan dengan perbedaan atau fakta berdasarkan kerangka pemikiran yang telah ada sehingga hasilnya pun dapat terlihat dengan jelas. Sedangkan penelitian asosiatif berusaha mencari hubungan sebab akibat antar variabel yang terkait jadi hanya membandingkan saja.

Metode Kuantitatif Komparatif

Metode komparatif dilakukan pada jenis penelitian guna mencari perbedaan variabel dalam suatu aspek yang sedang diteliti.

Penelitian Kuantitatif Ex Post Facto

Penelitian Ex Post Facto menggunakan metode yang sering digunakan untuk meneliti hubungan antara sebab dan akibat yang bisa dimanipulasi oleh peneliti, yakni guna mengetahui adanya hubungan sebab dan akibat berdasarkan pada suatu kajian teoritis. Dalam hal ini apabila suatu variabel tertentu bisa mengakibatkan variabel tertentu lainnya.

Penelitian Kuantitatif True Experiment

Pada penelitian True Experiment  maka peneliti bisa mengontrol seluruh variabel luar yang ada, dan juga dapat mempengaruhi jalannya suatu eksperimen. Ciri utama dari penelitian True Experiment ialah sampel yang digunakan guna melakukan eksperimen diambil secara acak dari suatu populasi tertentu.

Penelitian Kuantitatif Quasi Experiment

Penelitian Quasi Experiment memiliki kelompok kontrol yang bisa membantu proses penelitian, namun tidak berfungsi dengan sepenuhnya karena untuk mengontrol variabel luar yang masih berpengaruh pada pelaksanaan eksperimen.

Penelitian Kuantitatif Subjek Tunggal

Penelitian Subjek Tunggal atau single subject experimental ialah suatu eksperimen yang dilakukan terhadap satu subjek berjumlah tunggal saja.

Penelitian kuantitatif biasanya bisa berlangsung lebih cepat daripada penelitian kualitatif.

10+ Jenis jenis Penelitian Kuantitatif yang Perlu Anda Ketahui!

Tinggalkan komentar