Anjing Chihuahua : Cara Rawat Anakan dan Dewasa

Anjing Chihuahua  – Anjing chihuahua adalah salah satu jenis – jenis anjing yang memiliki pergerakan yang sangat lincah dan termasuk yang paling populer diantara jenis anjing lainnya. Anjing ini memiliki ukuran tubuh mungil dan menggemaskan. Tak heran jika banyak orang yang jatuh hati ingin menjadikannya hewan peliharaan di rumah. Anjing ini memiliki 2 jenis bulu, ada yang berbulu pendek dan ada juga yang berbulu panjang, lurus atau bergelombang. Warna bulunya juga cukup beragam. Ada putih, hitam, steel blue, dll. Saat anjing chihuahua ini masih kecil, ia memiliki spot kecil (molera) yang ada di bagian jidatnya. Namun molera ini akan hilang dengan sendirinya saat anjing sudah dewasa.

Merawat Anak Anjing Chihuahua 

Merawat Anak Anjing Chihuahua 

Ketika anjing chihuahua masih anakan, maka ada perlakukan khusus yang harus anda lakukan. Pertama, perawatan dalam hal makanan. Makanan harus diberikan sekitar 4 kali dalam sehari dan porsi makannya jangan terlalu banyak mengingat postur tubuh anjing ini kecil. Pemberian makan yang dilakukan secara bertahap ini akan menjadikan perut anjing tidak berlebihan dalam menampung makanan. Lebih dari itu, sebaiknya diberikan dog food yang sudah lunak atau yang sudah dihaluskan.

Perlakuan yang demikian dilakukan hingga anak anjing tersebut memasuki usia 3 bulan. Untuk makanan tetap diberikan selama 4x dalam sehari hingga anak anjing tersebut berusia 6 bulan. Setelah itu, anda cukup memberikannya 2x saja dalam sehari. Pastikan anjing chihuahua yang masih berusia dibawah 1 tahun tidak terlalu gemuk agar pertumbuhan tulang bisa maksimal.

Anda bisa menyediakan tempat khusus untuk anjing ini dan sebaiknya tidak dipelihara dalam kandang. Anjing ini tidak kuat dengan cuaca dingin sehingga anda tidak perlu memberikannya Ac atau pendingin ruangan. Sebaiknya tetap dipelihara di dalam ruangan yang memiliki paparan sinar matahari yang cukup.

Merawat Anjing Chihuahua Dewasa 

Merawat Anjing Chihuahua Dewasa 

Untuk anjing chihuahua yang sudah dewasa tidak diperlukan perawatan khusus. Anda cukup pastikan kebersihannya, kenyamanannya, juga kesehatannya. Mandikan anjing ini dengan teratur. Anda juga bisa memeliharanya di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Jika dipelihara di luar ruangan bisa dimandikan maksimal sebulan sekali, namun jika di dalam ruangan hendaknya dimandikan maksimal 3 bulan sekali.

Memang akan tercium bau menyengat dari anjing ini, namun nantinya bulunya akan lebih sehat. Hal ini dikarenakan kulit anjing tersebut tidak terlalu kering. Untuk meminimalisir bau tersebut, anda bisa memandikannya dengan dry shampoo yang biasanya banyak dijual di pet shop atau bisa juga dengan menggunakan bedak bayi. Cukup taburkan bedak bai ke seluruh tubuhnya, lalu sisirlah bulunya. Lakukan hal ini hingga kotorannya terjatuh. Anda bisa melakukan perawatan ini dengan rutin sehingga regenerasi bulunya bisa bagus.

Itulah cara merawat anjing chihuahua yang masih anakan dan yang sudah dewasa. Lakukan perawatan dengan maksimal sehingga anjing chihuahua yang anda pelihara tetap sehat.

Anjing Chihuahua : Cara Rawat Anakan dan Dewasa

Tinggalkan komentar