Anjing Maltese : Ciri-ciri, Cara Merawat dan Makananya

anjing maltase – Bagi penggemar anjing pasti tidak asing lagi dengan jenis anjing yang satu ini. Anjing maltese adalah anjing dengan ukuran kecil dan sangat imut. Anjing jenis ini banyak dicari untuk dijadikan hewan peliharaan. Karakteristis khas dari anjing ini ialah bulunya yang sangat halus dan tidak rontok.

Meskipun maltese bukan asli dari Indonesia tetapi, sekarang kamu bisa dengan mudah menemukan anjing jenis ini. Anjing maltese berasal dari Kawasan Mediterania tengah. Pada tahun 1954 anjing ini sudah diakui oleh FCI yang berada di bawah perlindungan Italia. Sebelum, kamu memutuskan untuk memelihara, sebaiknya kamu perlu sedikit menyimak sedikit informasi dari anjing ini.

Ciri – ciri Anjing Maltese

Ciri – ciri Anjing Maltese

Anjing maltese memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis anjing lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dari anjing maltese.

  • Mempunyai ukuran yang kecil

Salah satu ciri yang paling menonjol adalah ukuran tubuhnya yang kecil. Tinggi anjing ini hanya 25 cm dan berat badan 2 sampai 4 kg saja. Untuk maltese jantan mempunyai tubuh yang lebih padat dengan ukurun tubuh 21-25 cm. Sementara Maltase betina hanya 20 sampai 23 cm.

  • Memiliki bulu putih, tebal dan lembut

Bagian bulu maltese sangat unik, karena terdapat lapisan tunggal yang halus dengan warna putih atau ivory muda. Bulu anjing ini terlihat seperti salju, panjang, lurus dan sangat lembut.

  • Bentuk wajah yang menggemaskan

Jenis anjing ini memiliki wajah bulat, mata hitam besar, hidung berwarna hitam dan telinga yang menutup ke bawah. Untuk bagian moncongnya sedikit menonjol kedepan dari panjang kepala.

Cara Merawat Anjing Maltese

Cara Merawat Anjing Maltese

Untuk memelihara anjing ini harus dilakukan perawatan yang rutin. Agar anjing tetap dalam kondisi baik, kamu harus melakukan perawatan berikut.

  • Rutin membersihkan bulu dan tubuh untuk mencegah bulu yang mengikat dan rontok
  • Membersihkan area wajah anjing agar tidak ada noda air mata di sekitar mata. Membersihkan wajah juga untuk menjaga agar wajah tetap bersih dan tidak kering.
  • Selalu menyisir dan menyikat bulu setiap hari dengan lembut
  • Memandikan maltese dengan menggunakan shampoo kering secara teratur
  • Bersihkan bagian kuping dan cabutlah rambut yang tumbuh dalam kuping anjing
  • Jika anjing sering bersin, mendengus, alergi segera lah untuk berkonsultasi dengan dokter
  • Rutin memotong bulu dengan model potongan puppy cut sekitar 1 sampai 2 inci.

Makanan Anjing Maltese

Makanan Anjing Maltese

Memberi pakan untuk anjing maltese tidaklah sembarangan. Anjing ini memang sangat sensitif pada beberapa jenis makanan. Untuk menjaga keindahan bulu agar tetap berkilau, kamu bisa memberikan makanan yang mengandung asam omega 3, biotin dan omega 6. Kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mengetahui jenis makanan apa yang cocok. Sehingga anjing tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Anjing Maltese : Ciri-ciri, Cara Merawat dan Makananya

Tinggalkan komentar