Anjing Pudel : Variasi dan Cara Merawatnya dengan Benar

anjing pudel – Anjing adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang populer. Alasan banyak orang memilih anjing dikarenakan jenis anjing, lucu dan memiliki daya tariknya sendiri. Jenis anjing yang sering dipilih sebagai hewan peliharaan adalah anjing pudel. Jenis anjing pudel berasal dari Perancis.

Anjing ini tidak cocok untuk menjadi penjaga rumah. Namun, pudel sering ikut ditampilkan di acara pameran dan sirkus karena mudah beradaptasi, mudah dilatih dan aktif.

Variasi jenis anjing pudel 

Variasi jenis anjing pudel 

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, anjing pudel memiliki karakteristik dan ciri khas tersendiri. Ciri-ciri anjing pudel dapat dilihat dari jenis anjingnya: anjing pudel memiliki tiga jenis yaitu miniatur (paling kecil), toy (sedang) dan juga standar (besar).

Miniatur adalah jenis anjing pudel yang memiliki ukuran paling kecil dengan ukuran 15 inci. Sifatnya juga pemalu dan sering diikutkan untuk pameran.

Jenis toy ciri khasnya memiliki bentuk tubuh yang agak tinggi atau standar. Sama halnya dengan miniatur, jenis ini juga cenderung pemalu.  Untuk jenis standar, anjing pudel lebih tinggi dan paling aktif. Ukurannya bisa mencapai hingga 38 inci. Anjing pudel standar memiliki telinga dengan bentuk panjang dan ekor tegak lurus.

Cara membedakan jenis standar kelamin dan jantar adalah dari ekornya. Ekor jantan lebih panjang dari anjing pudel betina.

Karakteristik pudel memiliki bulu keriting dan terdapat beragam warna bulu seperti hitam, biru, coklat, dan putih.

Tips merawat anjing pudel 

Tips merawat anjing pudel 

Ketika anda ingin memiliki anjing pudel, anda harus tahu cara merawatnya dengan baik agar tetap cantik dan terawat. Jenis anjing ini tidak mengalami pergantian bulu dan tumbuh di seluruh tubuh.

  1. Perhatikan makanannya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah makanannya. Memilih makanan yang sesuai dengan kebutuhan anjing. Anak anjing pudel membutuhkan nutrisi dan protein tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhannya.

Perhatikan aturan makanan. Untuk anjing dewasa, anda bisa mencari pakan terbaik di pet shop. Pastikan nutrisinya tercukupi.

  1. Cukur dan sisir bulu secara berkala

Untuk anjing dewasa, biasakan menyisir bulu setiap hari. Ini akan membuat bulu menjadi lurus dan tidak kusut. Lalu, membersih dan mencukur bulu di bagian-bagian tertentu misalnya hidung, dan kaki.

  1. Bawa ke dokter

Melakukan vaksinasi dan membawa anjing ke dokter. Ini akan membantu anda untuk mengetahui kondisi kesehatan dari anjing pudel.

  1. Rawat

    kandang dengan teratur

Kandang sangat penting untuk anjing. Pada saat membeli anjing pudel, perhatikan ukuran kandangnya. Pastikan untuk ada ruang agar anjing leluasa bergerak. Kandang besar juga akan memudahkan anda ketika membersihkan kandang.

Kandang nyaman dan bersih akan berpengaruh pada kesehatan dari anjing secara mental dan fisik. Oleh sebab itu bersihkan kandang dengan teratur. Cuci kandang dan jemur di sinar matahari. Lakukan sebanyak 2 kali seminggu.

Anjing Pudel : Variasi dan Cara Merawatnya dengan Benar

Tinggalkan komentar