Contoh Makalah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

contoh makalah Bahasa Indonesia – Kamu sedang mendapatkan tugas Bahasa Indonesia dari guru, tapi belum tahu seperti apa dan bagaimana cara merangkai makalah. Dalam artikel ini, akan dibahas sedikit tentang arti dari makalah dan contoh makalah bahasa indonesia yang baik dan benar.

Arti Makalah

Arti Makalah

Makalah merupakan sebuah susunan kalimat yang dirangkai dengan dasar tema beragam, namun tersusun rapi dengan menyisipkan latar belakang dan unsur lainnya sehingga pembaca mudah untuk memahami apa yang akan disampaikan oleh penulis makalah.

Dalam menulis makalah biasanya dituangkan dalam bentuk ketikan, bisa juga tulisan tangan. Jika kamu menulis makalah dengan tangan maka sebaiknya ditata dahulu agar rapi. Untuk ketikan di komputer, kamu bisa atur ukuran kertas, ukuran bentuk serta jenisnya.

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

  1. Tentukan format kertas

Tentukan format kertas

Jika kamu menulis contoh makalah Bahasa Indonesia dengan komputer maka hal pertama adalah atur media tulisan seperti bentuk huruf formal (arial, times new roman), ukuran huruf 12, rata kiri dan kanan. Tujuan dari pengaturan media untuk menulis ini agar tulisan yang kamu ketik rapi dan mudah dibaca oleh orang lain. Adapun jenis kertas yang kamu pakai untuk menulis jenisnya A4, legal atau letter.

  1. Tentukan tema

Tentukan tema

Setelah langkah di atas selesai maka tinggal kamu eksekusi menentukan tema dan topik bahasan makalah. Tema sangat penting dan pokok dalam membuat makalah karena dengan dasar tema yang ada, kamu bisa menulis sumber informasi yang dibutuhkan oleh pembaca. Tema itu luas, seperti kesehatan, bisnis, sains, pendidikan, dan sebagainya.

Tema sudah kamu tentukan maka tinggal memikirkan apa saja isi dari makalah tersebut.

  1. Perhatikan susunan makalah

Perhatikan susunan makalah

Langkah berikutnya adalah mengelola susunan makalah, seperti latar belakang, tujuan, rumusan masalah, daftar isi, daftar pustaka, isi. Ketahuilah tugas masing-masing unsurnya agar kamu bisa menempatkan kalimat dengan baik. Sebagai contoh makalah, latar belakang memiliki tugas meriwayatkan apa yang menjadi alasan mengapa kamu memilih tema tersebut.

Kuncinya adalah pertanyaan mengapa, misalnya mengapa banyak orang terkena sakit kulit?

Dalam unsur latar belakang, kamu bisa ulas atau ceritakan alasannya.

Jelas ya?

  1. Gunakan bahasa resmi, lugas dan informatif

Gunakan bahasa resmi, lugas dan informatif

Jangan pakai bahasa gaul dan hindari kalimat pasif, cantumkan data riil dalam setiap kalimat. Sebaiknya kamu pakai kata sapaan anda, beliau. Jangan pula memutar kalimat yang sudah ada karena membuat bingung dalam menentukan apa yang menjadi pokok masalah atau pembahasan.

Setelah semua selesai, ulang kembali kalimat yang kamu tulis dan rasakan sebagai pembaca apakah luwes dan membuat paham ataukah sebaliknya. Kuncinya, butuh teman lainnya yang bisa mengoreksi makalah yang kamu susun.

Membuat contoh makalah Bahasa Indonesia itu mudah, yang mungkin sedikit sulit yakni merangkai kata menjadi kalimat utuh agar pembaca paham dengan apa yang kamu tulis.

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar