Contoh Makalah Sederhana Komplit yang Baik dan Benar

Contoh makalah sederhana – mungkin sedikit membingungkan. Karena pastinya akan muncul pertanyaan apa bedanya dengan makalah pada umumnya. Agar lebih memahaminya, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Makalah Sederhana?

Apa Itu Makalah Sederhana

Secara umum makalah sebenarnya merupakan sebuah karya tulis. Karya tulis ini mengangkat sebuah tema, menjabarkannya secara ilmiah berdasar teori dan fakta yang ada. Penggunaan bahasanya adalah bahasa yang baku serta wajib memenuhi beberapa struktur yang sudah ada.

Lalu apa bedanya dengan contoh makalah sederhana? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang jauh antara makalah sederhana dengan contoh makalah pada umumnya. Karena secara struktur kurang lebih juga sama. Yang berbeda adalah bagaimana cara menyampaikan serta pemilihan kata maupun kalimat yang lebih singkat atau sederhana.

Cara Menyusun Makalah Sederhana

Cara Menyusun Makalah Sederhana

Sama seperti makalah pada umumnya, membuat contoh makalah sederhana juga perlu banyak persiapan. Tujuannya tentu adalah agar mempermudah anda dalam menjabarkan tema yang akan anda angkat kedalam makalah tersebut.

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus dilakukan saat membuat makalah sederhana.

  • Melakukan Riset Mengenai Tema yang Diangkat

Melakukan Riset Mengenai Tema yang Diangkat

Tema atau topik makalah merupakan hal yang penting. Untuk itu lakukan survey atau riset mengenai tema tersebut sebelum memulai membedah dan menulisnya.

Jika tema atau topik sudah ditentukan, maka tugas anda adalah mencari sisi penting yang bisa dikupas dari tema tersebut. Namun jika tema yang diberikan bebas, maka lebih baik anda mengangkat tema yang sedang populer.

  • Melakukan Analisa Sesuai Referensi yang Didapat

Melakukan Analisa Sesuai Referensi yang Didapat

Setelah menemukan tema yang akan dibahas, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan analisis terhadap tema tersebut. Sumber informasi dari hasil survey hanya digunakan untuk referensi saja. Selebihnya anda harus menguraikan dan menjabarkan tema tersebut sesuai dengan ide atau pemikiran anda sendiri.

Lakukan pengamatan tentang referensi yang anda dapatkan lalu bandingkan dengan analisa anda sendiri untuk menentukan manakah yang paling tepat ataukah perlu menggabungkan keduanya.

  • Mulai Menulis Sesuai Ide Sendiri

Mulai Menulis Sesuai Ide Sendiri

Lanjutan dari tahap diatas yaitu memulai untuk menulis makalah. Ada baiknya anda menuliskan semua ide yang anda dapatkan dari hasil survey atau referensi dan ide anda sendiri kedalam sebuah catatan. Akan lebih baik jika anda tulis dalam bentuk point per point.

Setelah semuanya point sudah tercatat rapi, maka selanjutnya anda bisa mengembangkan point – point tersebut kedalam sebuah kalimat yang lebih panjang namun tetap singkat, padat dan jelas.

  • Membuat Kerangka Makalah

Membuat Kerangka Makalah

Setelah bahan tulisan untuk makalah selesai dibuat, maka berikutnya yang perlu dilakukan adalah membuat kerangka makalah. Sama seperti yang dilakukan diatas, anda bisa memulainya dengan membuat sub demi sub. Kemudian menjabarkannya satu per satu.

Jangan lupa tulislah sesuai dengan struktur makalah yang ada agar makalah yang anda buat tidak melenceng dari aturan yang sudah ditetapkan.

  • Lakukan Evaluasi

Lakukan Evaluasi

Terakhir lakukan evaluasi mulai dari awal hingga akhir. Amati apakah ada kesalahan ejaan, typo atau ada kata dan kalimat yang tidak efektif. Lakukan editing secara cermat untuk menghindari kesalahan dalam penulisan makalah.

Dengan mengikuti beberapa tips diatas maka contoh makalah sederhana akan lebih mudah dan cepat selesai karena anda hanya perlu mengikuti pola dan struktur yang sudah ada.

Contoh Makalah Sederhana Komplit yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar