Contoh Makalah Sma Untuk Referensi yang Jurusan IPA

contoh makalah smaContoh makalah sma bisa Anda jadikan referensi untuk mengerjakan tugas. Salah satu jurusan yang banyak membuat makalah adalah jurusan SMA IPA. Pada makalah untuk SMA IPA biasanya berhubungan dengan penelitian-penelitian ilmiah. Dalam penulisannya juga harus dengan baik dan benar untuk memudahkan para pembaca untuk melihatnya.

Tips Membuat Makalah SMA IPA Agar Menjadi Lebih Mudah

Tips Membuat Makalah SMA IPA Agar Menjadi Lebih Mudah

  1. Tentukan Topik Makalah

Tentukan Topik Makalah

Sebelum masuk ke dalam penulisan makalah, terlebih dahulu Anda harus menentukan topik dari makalah tersebut. Dengan memastikan topik akan memudahkan Anda untuk menyusun makalah nantinya.

Topik merupakan tema dari makalah yang akan dibuat. Contoh makalah sma IPA biasanya topiknya beragam. Mulai dari teknologi, penelitian, dan lain sebagainya. Jika makalah ini merupakan tugas, biasanya ada guru yang langsung memberikan topik untuk makalah yang harus dibuat.

  1. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Contoh makalah umumnya dibuat dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang digunakan pun harus berupa Bahasa Indonesia yang baku lengkap dengan penulisan yang baik dan benar. Anda bisa menggunakan KBBI sebagai referensi untuk penulisan makalah dengan bahasa yang baik.

  1. Susun Makalah Sesuai Struktur yang Sudah Ditetapkan

Susun Makalah Sesuai Struktur yang Sudah Ditetapkan

Susunan makalah menurut struktur yang sudah ditetapkan terdiri dari beberapa bagian. Makalah diawali dengan adanya cover. Selanjutnya : Bab 1 Pendahuluan, Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi, Bab 4 Pembahasan, Bab 5 Penutup, Dapus, Lampiran.

Referensi Contoh Makalah SMA IPA yang Baik dan Benar

Referensi Contoh Makalah SMA IPA yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah referensi contoh makalah SMA ipa dengan topik pengolahan bahan pangan kedelai menjadi tempe :

  1. Cover

Pada bagian cover ini akan diisi oleh judul makalah, logo sekolah, nama, nomor absen, kelas. Kemudian, pada bagian paling bawah terdapat jurusan, nama sekolah, lokasi sekolah, dan tahun pembuatan makalah.

  1. Pendahuluan

Pada pendahuluan terdapat sub bab lainnya yaitu latar belakang, tujuan, dan rumusan masalah. Pada latar belakang berisi penjelasan mengenai mengapa penting dilakukan pengolahan bahan pangan yaitu kedelai. Kemudian, pada tujuan dan rumusan masalah berisi hal yang dicapai dari makalah.

  1. Tinjauan Pustaka

Pada bagian tinjauan pustaka ini berisi penjelasan secara detail mengenai kedelai, pengolahan bahan pangan, dan tempe. Penjelasannya bisa berisi definisi, kegunaan, tujuan pengolahan, manfaat pengolahan, kandungan gizi, dan lain sebagainya.

  1. Metodologi

Pada bagian metodologi berisi alat, bahan, dan prosedur kerja yang dibutuhkan untuk mengolah tempe menjadi kedelai. Pada metodologi ini juga harus detail dan benar agar jika ada orang yang menjadikan makalah Anda sebagai referensi bisa mendapatkan referensi yang akurat.

  1. Pembahasan

Pada bagian ini membahas data pengamatan pengolahan kedelai menjadi tempe yang didapatkan.

  1. Penutup

Pada bagian ini berisi kesimpulan dan saran dari hasil pengolahan kedelai menjadi tempe.

  1. Daftar Pustaka

Pada bagian daftar pustaka ini berisi referensi contoh makalah sma yang Anda gunakan.

Contoh Makalah Sma Untuk Referensi yang Jurusan IPA

Tinggalkan komentar