Contoh Makalah dan Pengertiannya Yang Wajib Untuk Diketahui 

contoh makalah – Ada banyak contoh makalah dimana dapat ditemukan di internet maupun buku. Namun sayangnya tidak semua orang mampu membuat makalah yang benar dan baik. Walaupun membuat makalah sendiri terlihat sepele, ternyata jika tidak terbiasa dalam membuatnya maka akan kesulitan  untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Di internet, ada banyak contoh makalah SMA hingga kuliah dimana dapat ditemukan dengan berbagai macam tema seperti contoh makalah tentang covid-19. Makalah sendiri kerap dijadikan sebagai tugas untuk seorang siswa SMA maupun kuliah agar terbiasa untuk membuatnya terutama juga digunakan sebagai latihan untuk membuat skripsi.

Tidak hanya itu saja, di bangku perkuliahan, makalah sendiri seakan sudah dijadikan sebagai agenda tugas mingguan bagi para mahasiswanya. Dengan pembuatan makalah inilah, ternyata juga akan memberikan segudang manfaat bagi para pembuatnya seperti dapat berkembang pemikirannya agar lebih kritis.

Pengertian  Makalah 

Pengertian  Makalah 

Sebelum mengetahui bagaimana contoh makalah dengan metode penulisan yang baik dan benar, sudahkah anda mengetahui apa itu makalah? Ini merupakan tulisan dimana membahas atau menelaah suatu kajian literatur dimana sudah ada atau dari laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

Umumnya, pembuatan makalah tersebut nantinya digunakan sebagai bahan untuk seminar, siding ataupun diskusi. Didalamnya juga terdapat beberapa bagian pokok yang cukup  penting yakni pendahuluan, isi serta kesimpulan.

Makalah ini sendiri berbeda dengan paper, dimana paper sendiri merupakan karya tulis ilmiah yang biasanya akan digunakan untuk mendokumentasikan sebuah penelitian baru. Didalamnya juga terdapat 3 bagian pokok yakni topic, data serta argument.

Didalam makalah sendiri juga terdapat struktur untuk pembuatannya mulai dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan/isi, serta penutup yang berisi kesimpulan. Struktur-struktur tersebut harus diletakkan di tempat yang benar dan tidak boleh tertukar begitu saja.

Jenis-jenis makalah 

Jenis-jenis makalah 

Makalah ini sendiri dibagi menjadi 3 jenis secara umum. Inilah sebabnya, sebelum anda memutuskan untuk membuat makalah, sangat penting untuk mengetahui apa sajakah jenis-jenis makalah tersebut.

  1. Makalah dedukatif 

Makalah dedukatif 

Makalah yang satu ini berisi tentang pembahasan isi  dimana  laporannya berdasarkan dengan data primer seperti hasil survey, rapat hingga data lapangan dimana benar-benar real. Didalam penggunaannya, jenis makalah yang satu ini sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang duduk dibangku kuliah.

  1. Makalah indukatif 

Makalah indukatif 

Ini merupakan laporan dimana isinya berdasarkan dengan data sekunder seperti buku, jurnal, tesis ataupun kajian teoritis lainnya. Didalam pembuatan makan ini sendiri biasanya dapat dilakukan oleh murid-murid sekolah dasar ataupun SMP.

  1. Makalah campuran 

Makalah campuran 

Berdasarkan dengan namanya, makalah yang satu ini merupakan makalah yang dibuat berdasarkan dengan data gabungan antara sekunder maupun primer. Adapun penggabungan tersebut bertujuan agar bisa menemukan hasil dari laporan dimana lebih jelas dan valid. Jenis makalah seperti ini biasanya banyak digunakan pada jenjang perguruan tinggi.

Makalah ini sendiri masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian seperti makalah kerja, makalah ilmiah, makalah kajian, makalah posisi, makalah analisis, hingga makalah tanggapan.

Cara membuat makalah yang benar dan baik 

Cara membuat makalah yang benar dan baik 

seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat  contoh makalah bahasa Indonesia sendiri tidaklah mudah untuk dilakukan terutama apabila baru pertama kalinya. Itulah sebabnya, kami memberikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat makalah tersebut agar bisa memberikan hasil maksimal.

  1. Tentukan tema atau topic 

Cara pertama untuk membuat contoh makalah penelitian adalah dengan menentukan tema. Ini merupakan hal paling awal yang harus dilakukan. Apabila temanya belum ditentukan oleh guru atau dosen, maka anda diharuskan untuk mencari temanya terlebih dahulu.

Nantinya pemilihan tema sendiri akan mempengaruhi tingkat kesulitan serta estimasi waktu dalam mengerjakan makalah tersebut. dalam penentuan tema ini, sebaiknya harus sesuai dengan pengetahuan serta kemampuan yang anda kuasai. Jangan sampai membuat makalah dengan tema di luar batas kemampuan.

  1. Penentuan judul makalah 

Entah contoh makalah kesehatan atau makalah lainnya, judul juga menjadi bagian yang penting setelah menentukan tema. Sebisa mungkin membuat judul yang menarik. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena nantinya judul  akan mempengaruhi minat atau tidaknya seseorang untuk membaca hasil makalah anda.

Tetapi perlu diperhatikan, dalam pembuatan judul ternyata juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan apabila judul yang terdapat didalamnya sesuai dengan pembahasan yang ada didalamnya.

  1. Kumpulkan sumber referensi 

Jika anda ingin membuat contoh makalah PKN atau makalah dengan tema  lainnya, sumber referensi juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Apabila tema serta judul sudah ditentukan maka bisa langsung mengumpulkan bahan referensi.

Nantinya bahan referensi tersebut dapat digunakan untuk mendukung proses penyusunan makalah yang akan dibuat.  Adapun referensi tersebut bisa diperoleh dari jurnal, buku ataupun artikel yang ada di internet.  Jika anda ingin mencari sumber di internet, pastikan bahan referensi tersebut terpercaya dan akurat.

  1. Penulisan makalah yang sistematis 

Jika sumber referensi sudah dikumpulkan, maka anda bisa memulai untuk membuat contoh makalah sederhana. Untuk penulisan makalah sendiri harus diperhatikan dengan baik-baik. Pastikan makalah ditulis secara sistematis sesuai dengan struktur makalah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Mulai dari bagian pendahuluan, isi makalah kemudian penutup yang jelas berupa  kesimpulan dari semua isi makalah tersebut. disamping itu, pastikan apabila dalam penulisan makalah juga harus selalu memperhatikan data ataupun fakta yang berasal dari sumber referensi bersangkutan.

  1. Lakukan penyuntingan terhadap makalah  

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah melakukan penyuntingan terhadap makalah yang sudah dibuat tadi. Penyuntingan tersebut sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya kesalahan di dalam makalah sebelum dipublikasikan.

Cobalah untuk mengecek apakah struktur makalah yang dibuat tersebut sudah benar dan baik, cek juga ejaan, penulisan serta bahasa yang digunakan didalamnya. Apabila anda sudah yakin apabila tidak ada kesalahan pada contoh makalah singkat tersebut  lagi maka bisa langsung mempublikasikan makalah tersebut.

Manfaat terbiasa dalam membuat makalah 

Manfaat terbiasa dalam membuat makalah 

Sering membuat makalah ternyata juga akan memberikan banyak manfaat loh. Seperti yang sudah kita ketahui, tugas yang sering diberikan oleh guru maupun dosen inipun ternyata tidak hanya sekedar tugas saja tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi pembuatnya. Berikut ini manfaatnya.

  1. Belajar memahami masalah dan menyelesaikannya

Manfaat pertama dari membuat makalah secara rutin adalah membantu untuk belajar memahami suatu masalah serta mencari solusi untuk menyelesaikannya. Hal tersebut karena ketika membuat makalah, anda diharuskan untuk memecahkan topic permasalahan yang ada.

  1. Mampu menerapkan ilmu yang sudah dipelajari 

Selain itu, anda juga bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari secara langsung dalam bentuk tulisan. Anda juga bisa menerapkan beberapa teori yang dipelajari dalam kehidupan nyata.

  1. Membantu untuk berpikir kritis 

Dengan membuat makalah sendiri ternyata juga dapat membantu anda untuk bisa berpikir lebih kritis dan sistematis. Mengingat, dalam pembuatan makalah ini memang harus menggunakan alur logika.

Makalah menjadi salah satu karya tulis dimana sering diberikan kepada murid maupun mahasiswa di bangku sekolah maupun perguruan tinggi. dengan informasi diatas, dijamin anda bisa langsung membuat contoh makalah dengan baik.

Contoh Makalah dan Pengertiannya Yang Wajib Untuk Diketahui

 

9 pemikiran pada “Contoh Makalah dan Pengertiannya Yang Wajib Untuk Diketahui ”

Tinggalkan komentar