Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Kegiatan Secara Umum

Contoh proposal pengajuan dana – Ada beberapa penulisan dalam beberapa contoh proposal yang baik dan benar. Salah satunya contoh proposal pengajuan dana.

Pada saat membuat acara besar terutama, dibutuhkan beberapa peralatan maupun dana untuk membangun acara yang baik. Dana yang dikeluarkan harus dengan rincian anggaran yang telah dibuat dengan jelas dan baik.
Proposal menjadi salah satu sarana untuk diajukan kepada atasan atau pihak-pihak terkait. Proposal merupakan rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Ada beberapa jenis proposal yang dibutuhkan dalam setiap acara.

Ada proposal mengenai kegiatan tersebut dan bahkan ada proposal pengajuan dana sendiri. Biasanya proposal pengajuan dana dibuat karena anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Membuat proposal juga dapat berguna bagi diri kita sendiri dan pihak-pihak terkait.

Contoh Proposal Pengajuan Dana “Fungsi Proposal Dana”

Contoh Proposal Pengajuan Dana "Fungsi Proposal Dana"

1. Paling utama yaitu berfungsi untuk mengajukan anggaran dalam pelaksanaan kegiatan yang nantinya diberikan kepada pihak-pihak terkait
2. Sebagai bukti dalam perincian anggaran yang dibutuhkan
3. Bagi panitia, dapat dengan mudah mengklasifikasikan barang-barang yang dibutuhkan dalam pelaksanaan
4. Sebagai data manajemen informasi dalam mengadakan suatu acara
5. Sebagai cerminan untuk membandingkan anggaran pada acara yang sama sebelumnya atau yang akan datang
Contoh proposal pengajuan dana dibuat sejelas mungkin, agar pembacanya juga memahami maksud dan tujuan dari kegiatan.

Unsur Proposal Pengajuan Dana

Unsur Proposal Pengajuan Dana

Agar menjadi proposal yang baik, ada contoh proposal pengajuan dana yang akan dibuat untuk menyelenggarakan suatu acara ulang tahun sekolah.

1. Judul Proposal

Pada bagian ini diberikan judul yang mengarah pada acara.

2. Latar Belakang

Buatlah latar belakang yang jelas dan semenarik mungkin. Kata-kata yang terkandung di dalamnya tidak terbelit-belit. Buatlah bagian ini harus memperlihatkan mengapa acara tersebut harus diadakan.

3. Maksud dan Tujuan

Deskripsikan maksud dan tujuan dalam membuat acara ulang tahun sekolah ini.

4. Jadwal dan Tempat

Bagian ini harus dipaparkan mengenai tanggal dan tempat pelaksanaan kegiatan ulang tahun sekolah. Untuk memperjelas proposal, sebaiknya juga diberikan susunan acara kegiatan ulang tahun sekolah dari awal hingga akhir.

5. Susunan Kepanitian

Berikan susunan kegiatan dari ketua sekolah, ketua dalam kegiatan ulang tahun hingga anggota-anggota lainnya. Hal ini, bertujuan untuk memperlihatkan anggota yang bertanggung jawab dalam kegiatan tersebut.

6. Rincian Biaya

Buatlah anggaran yang jelas untuk mengadakan kegiatan ulang tahun sekolah. Berikan daftar barang-barang kebutuhan yang akan digunakan dalam kegiatan ulang tahun sekolah. Sertakan juga biaya dari setiap barang-barang yang akan digunakan tersebut. Jika tidak mengetahui harga dari barang tersebut, dapat ditanyakan kepada pihak-pihak terkait.

7. Penutup

Bagian ini merupakan tahap terakhir dalam pembuatan proposal. Isi dari penutup berupa harapan dan dukungan dari pihak terkait agar acara kegiatan ulang tahun sekolah dapat berjalan dengan baik.
Contoh proposal pengajuan dana dibuat serapi mungkin agar pembaca juga mudah untuk membacanya. Selain itu, pihak-pihak yang terkait dapat dengan mempercayai adanya kegiatan yang akan berlangsung.

Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Kegiatan Secara Umum

Tinggalkan komentar