Contoh Proposal Usaha Makanan yang Simpel Tidak Ribet

Contoh proposal usaha makanan – Saat ini sangat marak beberapa orang menginvestasikan uangnya untuk membuka usaha. Salah satunya usaha makanan dan minuman. Beberapa hal contoh proposal usaha makanan yang harus diperhatikan.

Mungkin bagi sebagian orang contoh proposal hanya digunakan dalam beberapa acara-acara. Namun, proposal juga sangat penting dalam membuat usaha.

Tujuan Proposal Usaha Makanan

Tujuan Proposal Usaha Makanan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan mengapa seorang calon pengusaha makanan harus membuat proposal usaha makanannya.

1. Seorang pengusaha bukan hanya akan menghitung keuntungannya, tetapi seorang pengusaha juga dapat memandang resiko yang akan diterima saat usaha iitu berjalan. Maka, biasanya dengan proposal akan terlihat gambarannya.
2. Proposal usaha makanan ini dapat sebagai rancangan awal dalam berbisnis agar lebih berstruktur
3. Proposal usaha makanan dapat dibuat juga untuk menawarkan pada investor yang dapat membantu dalam pengembangan bisnis makanan
4. Sebagai acuan untuk mengembangkan bisnis makanan dengan outlet yang lebih besar atau bahkan bertambah
Dalam hal ini ada beberapa poin penting untuk membuat contoh proposal usaha makanan agar dapat tertarik di mata investor.

Menjadi poin terpenting adalah kejelasan dan maksud dalam pembuatan usaha makanan tersebut.
Contoh proposal usaha makanan ini terbagi menjadi beberapa bagian atau bab-nya. Karena, untuk membuat usaha makanan tidak hanya berjangka waktu singkat. Perlunya tenaga, uang, dan resiko yang diterima oleh seorang pengusaha.

Bagian Contoh Usaha Makanan

Bagian Contoh Usaha Makanan

BAB I
Pendahuluan

Latar Belakang

Seperti pada proposal lainnya, bagian ini memaparkan alasan akan adanya pembuatan usaha makanan tersebut. Sebagai bentuk sejarah akan terbentuknya usaha makan yang akan dibuat juga dapat dipaparkan pada bagian ini
Visi dan Misi

Paparkan rencana dan bagaimana mencapai suatu harapan yang diinginkan pada bagian ini.
Maksud dan Tujuan

Memaparkan hal mengapa usaha makanan ini dibuat dengan jelas dan dapat dipahami oleh pembaca nantinya.

BAB II
Pembahasan

Profil

Memaparkan profil dari usaha makanan yang akan dibuat, bagaimana usaha tersebut dibuat harus dijelaskan secara rinci.

Strategi Pasar

Membuat usaha juga harus diperhatikan sasaran dari penjualan yang akan dibuat. Pada pasar mana yang tepat dalam produk yang akan dibuat. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap harga yang akan ditawarkan nantinya.

Targeting

Bagian ini harus jelas kepada siapa penjual akan melakukan penjualan terhadap siapa saja. Memiliki pasaran atau kalangan yang jelas untuk dapat ditawarkan.

Kekuatan

Seorang pengusaha harus memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan produk yang akan dijualnya.
Kekurangan.

Seorang pengusaha juga memiliki kekurangan dalam setiap produknya yang mungkin dapat dibandingkan dengan produk lainnya.

BAB III
Manajemen Produksi

Proses Produksi

Bab ini memaparkan proses produksi dalam pembuatan makanan tersebut. Agar lebih jelas dapat dipaparkan dengan poin-poin.

Bahan Baku

Setiap usaha makanan pastinya memiliki bahan baku dalam pembuatan makanan tersebut. Maka dari itu, dapat diberi daftar bahan dan bakunya.

BAB IV
Rencana Anggaran

Pada bab ini dijelaskan anggaran dari bahan yang dibutuhkan hingga rencana pengeluaran bahkan keuntungan yang didapat.

BAB V
Penutup

Bab ini akan diberikan kesimpulan dan saran dalam pembuatan usaha makanan yang dibuatnya. Penulis harus dapat menyimpulkan alasan dalam pembuatan proposal usaha makanan ini.

Contoh proposal usaha makanan ini dapat membantu para calon pengusaha makanan, agar dapat merinci hal-hal yang dapat diperhatikan dari usaha yang akan dibuatnya.

Contoh Proposal Usaha Makanan yang Simpel Tidak Ribet

 

Tinggalkan komentar