10+ Jenis Jenis Anjing yang Ada di Dunia

Jenis Jenis Anjing – Ada berbagai jenis-jenis anjing yang ada di dunia, dari yang bisa dipelihara maupun tidak. Bagi kalian penyuka hewan yang satu ini, kalian harus mengetahui ada apa saja jenis anjing di dunia.

Dan dibawah ini ada beberapa jenis anjing yang bisa kalian ketahui,

  • Anjing Beagle

Anjing Beagle

Anjing Beagle biasanya juga disebut anjing pemburu, anjing ini termasuk jenis ras anjing terkecil yang juga termasuk dari famili anjing lemburi dari inggris.

Jenis beagle ini ada 4 jenis, yaitu,

  1. Afghan Hound

Namanya diambil dari negara Afganistan yang juga adalah asal kelahirannya. Anjing ini sudah dimanfaatkan sejak 4000 tahun yang lalu dan dibuktikan sebuah lukisan di dinding istana jaman dulu.

Biasanya anjing ini dimanfaatkan untuk berburu karena memiliki kecepatan tinggi serta penglihatan tajam

  1. Foxhound

Jenis ini dikenal dengan lolongan yang cukup keras dan dapat terdengar dari jarak yang jauh.

Maka dari itu anjing ini tidak disarankan untuk dipelihara di perkotaan, hal ini dikarenakan suaranya bisa mengganggu orang sekitar

Salah satu ciri anjing ini adalah memiliki tingkat sensitivitas tinggi terhadap bau dan suka berkeliaran dan tidak betah di ruangan.

  1. Basset Hound

Anjing ini disebut sebagai keturunan Saint Hubert Hound dari Prancis.

Dulunya anjing ini dikembangkan dengan melakukan persilangan untuk mendapatkan ras anjing yang lebih besar dari yang ini.

  1. Greyhound

Jenis ini telah dikenal sebagai anjing pembalap, hal ini dikarenakan memiliki kecepatan sampai 45 mil per jam. Maka dari itu, jenis ini dinobatkan sebagai anjing tercepat.

Anjing ini memiliki kaki yang panjang dan badan ramping. Warna tubuhnya pun dominan hitam dan ada tambahan warna merah juga putih.

  • Anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua

Anjing ini adalah anjing yang memiliki ukuran kecil, lalu mempunyai tubuh yang lebih panjang dari tingginya, bentuk kepalanya pun bulat seperti apel, memiliki moncong pendek, telinganya tegak, serta memiliki ekor panjang.

Jenis anjing chihuahua ada 2, yang pertama berbulu pendek atau panjang dan lurus atau bergelombang. Dan warna bulunya diantaranya, hitam, putih, chestnut, sable, steel blue, silver, tan, sampai parti-color.

Chihuahua sangat suka dengan cuaca hangat, tapi tidak menyukai cuaca dingin. Walaupun anjing ini berukuran kecil, ruangan yang dibutuhkan adalah yang berukuran cukup besar.

Cara perawatannya adalah, karena anjing ini memiliki bulu halus serta pendek, jadi harus disisir dengan lembut sekali-kali atau bisa cukup diseka memakai kain lembab. Tapi untuk yang berbulu panjang harus disisir setiap hari dengan sikat lembut.

Lalu bisa dimandikan sebulan sekali, dan perhatikan supaya air tidak masuk ke telinga. Dan jangan lupa periksa serta bersihkan telinga dan gunting kuku dengan teratur.

  • Anjing Doberman Pinscher

Anjing Doberman Pinscher

Anjing jenis yang ini mempunyai tubuh yang berukuran sedang, tegap, serta berotot. Kepalanya pun panjang dengan bentuk blunt wedge. Lalu warna hidungnya pun tergantung dengan warna bulunya.

Telinga anjing ini pun biasanya dipotong di umur sekitar 12 minggu agar bisa membuatnya tegak. Untuk ekor juga dapat dipotong pada umur 3 hari.

Doberman sangat menyukai berada dengan manusia yang dia kenal dan tidak bisa tinggal di halaman belakang, karena mereka sangat butuh interaksi.

Anjing Doberman Pinscher juga tidak diperuntukan sembarang orang, karena membutuhkan pemilik dengan kepemimpinan yang tepat. Semua pemiliknya harus tegas, konsisten, dan percaya diri. Karena jika anjing ini dibiarkan, pasti bisa jadi keras kepala dan nakal.

  • Anjing Golden

Anjing Golden

Anjing Golden adalah anjing berukuran menengah besar. Mempunyai tengkorang luas serta moncong lurus. Hidungnya hitam dan matanya coklat gelap. Telinganya pun pendek serta menggantung dekat pipi.

Warna bulu anjing ini ada yang krem sampai kuning keemasan. Bulunya pun anti air, lurus, berbentuk padat serta bergelombang.

Anjing ini dikatakan sangat menyenangkan, cerdas, sampai bersahabat. Mudah dilatih  sabar, serta lembut dengan anak-anak. Sifatnya juga setia dan percaya diri. Juga energi serta penuh kasih.

Lalu, anjing ini cocok juga menjadi pengawas yang baik, dan pemberi sinyal yang kuat, walaupun memang tidak suka untuk menyerang.

  • Anjing Laut

Anjing Laut

Jenis-jenis anjing selanjutnya adalah anjing laut. Ukuran anjing ini licin dan cukup besar. Tubuhnya ini bisa beradaptasi dengan baik di habitatnya.

Tangan dan kakinya berukuran besar seperti sirip serta tubuhnya menyempit ke belakang. Ukuran anjing terkecil beratnya 30 kg dan panjang 1,2 m untuk dewasa. Sedangkan anjing laut terbesar beratnya 2200 kg dengan panjang maksimal mencapai 4 m.

  • Anjing Maltese

Anjing Maltese

Anjing Hitam mempunyai tubuh kecil, mata yang besar serta hitam, dan juga hidung hitam. Lalu memiliki bulu halus dengan warna ivory mudah ataupun putih dengan bulu yang panjang serta terurai sekitar 8-22 cm.

Anjing Maltese Ini dikenal bersemangat, lucu, penuh kasih sayang, patuh, sampai lembut. Anjing ini juga cerdas, berani, dan cepat memberikan peringatan jika ada sesuatu yang mencurigakan

Bisa dibilang anjing ini disebut sebagai anjing pendamping yang anggun, klasik serta dicintai. Juga mereka baik dengan anjing ataupun hewan lain.

Cara merawatnya bisa dengan menyisir serta menyikat bulunya setiap hari, dan lakukan dengan lembut karena bulu anjing ini sangat halus. Juga bersihkan mata tiap hari guna mencegah adanya kotoran. Untuk mandi, mandikan atau beri dry sampo secara teratur.

  • Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom

Anjing mini pom ini juga biasa disebut anjing Pomeranian. Jenis ini adalah salah satu dari ras anjing spitz dengan bulu tebal dan panjang serta daun telinga lebih kecil dan tegak.

Mini pom ini dikenal tentang gerak dan keaktifannya. Walaupun ada jenis yang lincah, berani, protektif, dan loyal, ada juga yang masih belajar dalam mengenali pemilik serta lingkungannya.

Sama dengan yang lain, anjing ini harus diberi kandungan gizi yang cukup. Hal ini agar bisa membantu masa pertumbuhan agar bisa berkembang dengan baik.

  • Anjing Pitbull

Anjing Pitbull

Walaupun tampak mengerikan, anjing pitbul ini bukan hewan yang ganas. Hal ini karena mereka telah dilatih dengan baik, bahkan pitbull dikenal sangat setia terhadap tuannya.

Anjing ini tidak mempunyai gigi tajam, tapi gigitannya sulit dilepaskan. Maka dari itu, pitbul sering disebut sebagai hewan pemburu.

Lalu, pitbull sangat menyukai anak-anak walaupun tampangnya mengerikan. Ketika diajak bermain, anjing ini akan menunjukan sisi lembutnya dan akan menuruti apapun yang diperintahkan.

  • Jenis Jenis Anjing “Anjing Pudel”

Jenis Jenis Anjing "Anjing Pudel"

Anjing Pudel atau poodle kni memiliki mata oval dengan warna hitam atau coklat. Telinganya panjang dan menggantung dekat kepala. Moncongnya lun biasa diatur dan dibuat ting. Bulu anjing ini maritime, lalu memiliki berbagai warna.

Anjing ini disebut sebagai anjing yang sangat responsive, cerdas, menyenangkan dan ceria, lalu juga termasuk anjing yang mudah dilatih.

Untuk perawatannya harus dimandikan teratur dan potong bulu setiap 6-8 minggu. Juga sering bersihkan dan periksa telinganya untuk memastikan apakah ada jamur atau wax didalamnya.

  • Anjing Rottweiler

Anjing Rottweiler

Tubuh dari anjing Rottweiler ini besar, berotot, dan kuat. Bentuk kepalanya lebar dan dahi yang bulat. Hidungnya lebat dan hitam. Matanya berukuran medium gelap dan berbentuk seperti almond.

Jenis anjing ini sangat kuat, mudah dilatih, berenang, renang, dan setia terhadap keluarga. Dan sifat setiannya sangat tinggi yang dapat membuat anjing ini membela mati-matian keluarganya.

Untuk perawatan, karena bulunya halus dan berkilau, jadi sangat mudah dirawat. Cukup sisirlah dan memandikan.

Begitulah jenis-jenis anjing beserta ciri dan karakteristik dan semuanya. Kalian jika ingin, tinggal pilih yang sesuai dan tepat sesuai yang diinginkan.

10+ Jenis Jenis Anjing yang Ada di Dunia

Tinggalkan komentar