13+ Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya Paling Lengkap dan Perlu anda Ketahui

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya  – Jenis-jenis iklan berdasarkan isinya yang selama ini kita tahu adalah untuk mempromosikan produk tertentu sehingga orang-orang tertarik untuk membelinya. Namun sebenarnya jenis isi dari iklan itu sendiri tidak hanya soal promosi barang saja namun masih ada yang lainnya yaitu :

Iklan Layanan Masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat

Merupakan iklan yang dibuat oleh instansi atau lembaga tertentu bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan atau informasi yang benar kepada masyarakat umum atas isu-isu yang terjadi. Hal ini selain untuk menambah wawasan supaya lebih peka atas isu tersebut  tapi juga mencegah masyarakat termakan hoax atau dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jenis-jenis iklan layanan masyarakat itu antara lain :

  1. Iklan untuk mengajak masyarakat untuk hidup lebih sehat dengan slogan 3 M baik itu untuk mencegah wabah demam berdarah dan juga covid-19 saat ini
  2. Iklan program pemerintah yang bertajuk Keluarga Berencana (KB) untuk menghimbau masyarakat supaya tidak memiliki lebih dari 2 orang anak untuk mengurangi kepadatan penduduk.
  3. Iklan untuk mengajak masyarakat apabila mengalami atau menyaksikan aktivitas pungli (pungutan liar) yang dilakukan oleh oknum pegawai pemerintah untuk mengadukannya kepada OMBUDSMAN
  4. Iklan dari Kemenkominfo untuk menghimbau masyarakat lebih bijak dalam bersosial media dan tidak langsung percaya akan berita yang beredar di dunia maya

Iklan Permintaan

Iklan Permintaan

Iklan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat bekerja sama dengan sebuah organisasi  sebagai pihak pembuat iklan. Tujuannya untuk mengajak masyarakat bergabung dalam organisasi tersebut dan menawarkan keuntungan-keuntungan yang diperoleh bila bergabung. Kurang lebihnya iklan ini juga digunakan untuk mempromosikan tapi untuk lingkup keanggotaan organisasi. Contoh dari iklan permintaan ini adalah :

  1. Iklan lowongan pekerjaan
  2. Iklan ajakan untuk bergabung dengan Badan Eksekutif Mahasiswa dan organisasi kampus lainnya
  3. Iklan untuk mengikuti seleksi menjadi gamer profesional, dan lain-lain

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya “Iklan Pengumuman”

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya "Iklan Pengumuman"

Fungsi dari iklan pengumuman adalah mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh organisasi atau instansi tertentu atau juga untuk memberitakan suatu informasi. Contoh dari iklan dengan fungsi tersebut antara lain :

  1. Pengumuman dari lingkungan RT atau RW mengajak masyarakat mengikuti kerja bakti atau lomba-lomba setiap 17 Agustus
  2. Pengumuman dari sekolah atau instansi pendidikan lainnya yang biasanya ditempel di mading sehubungan dengan kegiatan belajar-mengajar seperti kegiatan belajar yang diliburkan, penggantian jadwal, dan lain-lain
  3. Pengumuman dari pihak bioskop yang akan tutup selama wabah covid-19
  4. Pengumuman dari suatu toko yang akan pindah lokasi tertentu

Namun selain dari jenis-jenis iklan berdasarkan isinya yang telah dijelaskan di atas, masih ada penggolongan iklan lainnya yaitu  jenis-jenis iklan berdasarkan medianya yang terdiri atas :

  1. Media Cetak

Sesuai dengan namanya iklan ini dibuat dengan cara dicetak pada kertas, kain, dan lain-lain. Contoh dari jenis-jenis iklan media cetak ini bisa kita lihat pada :

  • iklan-iklan di majalah
  • buku katalog di supermarket
  • Iklan di koran yang secara umum terdiri atas
    • Iklan baris, bila kalian membaca koran pasti akan disediakan bagian khusus untuk iklan yang sebagian besar hanya berupa tulisan tanpa gambar. Inilah yang disebut iklan baris. Oleh karena biaya yang dikenakan untuk pemasangan iklan ini dihitung per huruf menyebabkan informasi dalam iklan harus dibuat sepadat dan sesingkat mungkin yaitu sekitar 3 -4 baris. Di bagian akhir iklan biasanya juga disertakan nomor telepon yang dapat dihubungi
    • Iklan kolom, iklan ini dibuat tidak hanya berupa tulisan tapi juga disertai gambar untuk lebih menarik pembacanya. Dengan demikian tentu pembuatan iklan ini membutuhkan biaya yang lebih besar daripada iklan baris. Salah satu contoh dari iklan kolom ini bila kalian melihat bagian pengumuman dukacita.
  • Pamflet, spanduk, banner, billboard, dan sejenisnya
  • Poster
  • Stiker
  1. Media elektronik

Iklan pada media elektronik biasanya sudah tidak dalam bentuk hard copy sebagaimana pada media cetak. Berikut adalah jenis-jenis iklan media elektronik tersebut  :

  1. Iklan Radio

Iklan yang dipromosikan di radio murni hanya bersifat audio atau lewat pendengaran. Oleh karena itu faktor suara seperti tinggi rendahnya nada, intonasi, dan artikulasi dari sang pengiklan sangat penting supaya pesan dari iklan dapat tersampaikan dengan jelas kepada pendengar. Selain dari suara manusia dari sang pengiklan juga harus didukung dengan musik ataupun efek-efek suara lain yang mendukung supaya iklan lebih menarik.

  1. Iklan televisi

Seiring dengan perkembangannya, radio sudah semakin ditinggalkan dan televisi yang mulai menggantikannya karena kemasan dan konten yang ada lebih menarik daripada radio termasuk juga pada iklan yang ditampilkan. Iklan di televisi jauh lebih menarik karena t tidak hanya mengandalkan suara tapi juga didukung  dengan efek-efek visual yang memanjakan mata  mulai dari pewarnaan, pencahayaan, pengeditan, dan juga didukung dengan manusia yang mempromosikan bisa terlihat jelas ekspresi dan gerak tubuhnya dalam  iklan tersebut . Faktor-faktor tadi bila dipadu padankan secara tepat maka kualitas iklan yang dihasilkan juga semakin bagus sehingga lebih mampu menarik minat penonton untuk mencari tahu tentang informasi yang diiklankan secara lebih detail.

  1. Iklan internet

Salah satu dari jenis-jenis iklan elektronik yang akan dibahas berikutnya adalah iklan internet atau yang lebih dikenal dengan iklan online. Mulai tahun 2015 ke atas, dengan semakin mudahnya memperoleh akses internet membuat media ini semakin digandrungi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa karena akses informasi yang lebih luas dan beragam dibanding televisi.  Hal ini juga berpengaruh dalam dunia periklanan di mana kini dunia maya pun juga semakin dijejali dengan berbagai macam iklan mulai dari iklan promosi hingga iklan pengumuman.  Jenis-jenis iklan online tersebut antara lain :

  1. Iklan lewat website

Pengiklan mempromosikan produk atau memberikan informasi dengan membuat  websitenya sendiri yang bisa dibuat secara berbayar ataupun gratis. Selain itu sang pengiklan juga bisa memasang iklannya dengan menumpang pada website milik orang lain setelah ada persetujuan tertentu. Nantinya bila iklan itu diakses oleh pembaca maka sang pengiklan akan mendapat uang sesuai dengan jumlah klik pada iklannya.

  1. Iklan lewat media sosial

Media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, dll pun kini bukan lagi hanya sebagai wadah untuk sekedar bercakap-cakap atau mengekspresikan diri tapi juga untuk mengiklankan berbagai hal. Bahkan kini media sosial juga menyediakan fitur iklan berbayar sehingga iklan kita dapat diakses secara lebih luas tidak hanya orang yang ada dalam daftar pertemanan.

Demikianlah penjabaran mengenai jenis-jenis iklan dan contohnya yang dibagi menjadi jenis-jenis iklan berdasarkan isinya dan jenis-jenis reklame berdasarkan medianya. Semoga informasi tersebut berguna untuk menambah wawasan kalian

13+ Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isinya Paling Lengkap dan Perlu anda Ketahui

 

Tinggalkan komentar