3+ Jenis Jenis Metode Penelitian yang Sering Kita Jumpai

Jenis Jenis Metode Penelitian – Bagi Anda para mahasiswa atau pelajar yang sedang ingin meneliti suatu kasus dan membuatnya dalam sebuah karya ilmiah. Maka ada baiknya sebelum melakukan itu semua Anda mengerti dan paham dulu mengenai jenis – jenis metode penelitian. Karena hal tersebut sangat penting agar penelitian Anda bisa selesai dengan baik dan benar. Nah berikut ini adalah beberapa pengertian singkat mengenai macam – macam metode penelitian.

  1. Metode deskriptif Metode deskriptif 

Jenis metode penelitian yang pertama adalah metode deskriptif. Nah dalam metode ini peneliti akan mendeskripsikan sebuah fenomena yang berdasarkan pada data, hasil riset dan juga hasil observasi. Data – data yang telah terkumpul tersebut dinamakan atau disebut dengan data naratif atau data deskriptif. Untuk mengumpulkan data peneliti juga bisa menggunakan cara lain seperti melakukan wawancara. Jadi setelah mendapatkan semua data tersebut, maka selanjutnya data akan diolah dan dianalisis.

Contohnya seorang peneliti sedang meneliti penduduk yang tinggal di daerah perbukitan. Maka sebelum melakukan penelitian, peneliti harus membuat daftar atau rumusan pertanyaan lebih dulu yang nantinya akan ditanyakan kepada narasumber.

  1. Metode studi kasus

Metode studi kasus

Jenis – jenis metode penelitian yang berikutnya adalah metode studi kasus. Metode studi kasus ini biasanya untuk mengumpulkan data maka diperlukan berbagai macam cara seperti wawancara, pemeriksaan dokumen dan juga observasi. Selain itu metode penelitian studi kasus ini juga memiliki ruang lingkup yang relatif kecil jika dibandingkan dengan metode penelitian lainnya. Sehingga hal tersebut dapat membuat si peneliti lebih mendalami penelitian yang akan dia lakukan tersebut. Nah setelah memperoleh semua data yang dibutuhkan, maka data tersebut akan mulai diolah dan dianalisis dengan menggunakan bantuan perangkat lunak atau bisa juga dikerjakan secara manual.

Contohnya seorang peneliti akan meneliti mengenai pengaruh perceraian terhadap sikap dan pergaulan remaja di sekolah. Nah hal ini tentunya lebih spesifik dan dapat didalami dengan baik oleh si peneliti.

  1. Jenis Jenis Metode Penelitian “Metode eksperimental”

Jenis Jenis Metode Penelitian "Metode eksperimental"

Jenis – jenis metode penelitian yang ketiga adalah metode eksperimental. Peneliti yang menggunakan metode ini akan mulai mengumpulkan data dengan berbagai macam cara seperti survei, observasi dan juga wawancara. Hanya saja perbedaan dari metode eksperimental dengan metode penelitian lainnya adalah objek dari penelitian ini akan dibagi menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti juga harus mengusahakan agar kedua kelompok ini memiliki karakteristik yang harus mirip.

Nah setelah semua data terkumpul maka peneliti akan melihat hasil apakah metode penelitian ada perbedaan yang cukup signifikan antara kedua kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan baru. Nah jika hasilnya tidak jauh berbeda maka bisa dikatakan bahwa perlakuan tersebut tidak memiliki dampak atau pengaruh yang cukup baik.

3+ Jenis  Jenis Metode Penelitian yang Sering Kita Jumpai

Tinggalkan komentar