4+ Jenis Jenis Penelitian Kualitatif yang Baik dan Benar

Jenis Jenis Penelitian Kualitatif  – Bagi Anda yang ingin lebih tahu mengenai apa saja macam – macam metode penelitian kualitatif, maka berikut ini adalah beberapa daftar dan penjelasan singkat mengenai jenis – jenis penelitian kualitatif.

  1. Fenomenologi

Fenomenologi

Jenis penelitian kualitatif yang pertama adalah fenomenologi. Fenomenologi ini adalah salah satu metode dalam penelitian kualitatif yang mengkhususkan penelitian pada suatu fenomena atau realitas yang tampak, agar bisa mengkaji hal tersebut lebih dalam lagi. Fenomenologi ini juga memiliki 2 makna yaitu mencari sebuah arti dalam kehidupan dan filsafat sains. Nah fokus dari penelitian ini dapat dimulai dari menelaah dan memperhatikan fenomena yang akan dikaji lebih dalam tersebut. Setelah itu barulah dilakukan penggalian data dengan cara mencari tahu bagaimana pemaknaan objek dalam memberikan arti pada kejadian atau fenomena tersebut. Penggalian data ini bisa dilakukan dengan cara wawancara ataupun observasi.

  1. Etnografi

Etnografi

Jenis – jenis penelitian kualitatif yang berikutnya adalah etnografi. Nah etnografi ini adalah sebuah metode penelitian kualitatif yang melihat pada kajian bahasa dalam sebuah perilaku sosial serta bagaimana bahasa tersebut dapat diterapkan sesuai dasar dari budaya dari kajian yang terkait tersebut. Selain itu metode penelitian etnografi ini juga memiliki 2 konsep dasar yaitu linguistik dan juga antropologi. Metode penelitian ini juga memiliki tujuan untuk dapat mengkaji sebuah bentuk atau fungsi bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dan juga bagaimana bahasa tersebut menjadi bagian dari kehidupan sebuah masyarakat.

  1. Jenis Jenis Penelitian Kualitatif “Historis”

Historis

Jenis penelitian kualitatif yang selanjutnya adalah historis atau sejarah. Dalam metode penelitian historis ini peneliti memiliki fokus untuk mengkaji sebuah kejadian – kejadian yang sudah berlaku serta melakukan rekonstruksi masa lalu dengan menggunakan data – data yang telah didapatkan. Data – data tersebut bisa didapatkan dari berbagai macam  catatan sejarah, artefak, saksi hidup hingga laporan yang hanya bersifat verbal. Tapi yang terpenting adalah semua sumber data tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sehingga data yang diperoleh benar – benak konkrit. Selain itu ciri dari metode historis ini adalah kajian dari penelitian ini lebih banyak bersumber pada observasi yang telah pernah dilakukan pada masa lalu.

  1. Teori dasar

Teori dasar

Jenis – jenis penelitian kualitatif yang keempat adalah dengan menggunakan metode teori dasar. Nah penelitian dengan metode teori dasar ini lebih berfokus pada menemukan sebuah teori baru atau menguatkan teori yang sudah ada sebelumnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengkaji semua prinsip kaidah dasar serta kesimpulan dari suatu teori. Untuk melakukan metode penelitian teori dasar ini peneliti juga harus mampu untuk memilah fenomena inti dengan fenomena yang tidak dapat digunakan untuk membuat suatu teori.

4+ Jenis Jenis Penelitian Kualitatif yang Baik dan Benar

Tinggalkan komentar