3+ Macam macam Jenis Penelitian yang Harus di Kenali

Macam macam Jenis Penelitian – Penelitian merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memecahkan masalah yang ada dalam masyarakat atau mencoba memahami isu yang terjadi dalam masyarakat secara lebih mendalam. Dalam prosesnya, penelitian tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan dipikirkan secara matang. Salah satunya yaitu dengan menentukan jenis penelitian apa yang akan digunakan. Terdapat macam-macam metode penelitian yang dapat digunakan dalam menentukan sistem seperti apa yang nantinya menentukan jalannya proses penelitian. Selain itu, terdapat pula macam-macam jenis penelitian yang terklasifikasi dari sudut pandang serta cara mencari dan mengkaji data.

Mengenali Lebih Lanjut Berbagai Macam Jenis Penelitian

Mengenali Lebih Lanjut Berbagai Macam Jenis Penelitian

Permasalahan dalam masyarakat dapat dijelaskan dan juga dicari solusinya secara ilmiah melalui dilakukannya penelitian. Kegiatan ini juga dapat menjadi cara untuk mengkaji dan juga mengembangkan sistem yang sudah ada. Tujuannya tentu untuk memperbarui pengetahuan yang sudah ada agar lebih berkembang dan sesuai dengan perjalanan zaman. Dalam melakukan penelitian, terdapat macam-macam jenis penelitian yang dapat digunakan. Seluruh bidang ilmu yang ada dapat melakukan penelitian sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Tentu saja hal ini akan semakin memperkaya pengetahuan yang ada karena permasalahan tidak selalu dapat diselesaikan hanya dengan mempertimbangkan satu sudut pandang dari ilmu tertentu saja.

Secara umum, penelitian dapat digolongkan dalam dua macam jenis, yaitu penelitian berdasarkan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dari dua jenis ini terdapat macam-macam jenis penelitian yang lebih rinci lagi. Berbagai jenis penelitian tersebut diantaranya:

  1. Penelitian Berdasarkan Pendekatan Analisis

Berdasarkan pendekatannya, terdapat dua jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dan juga kuantitatif. Untuk penelitian kualitatif, data didapatkan dari hasil wawancara mendalam dengan informan yang kemudian dilakukan analisis terhadap hubungan di antara fenomena-fenomena yang terjadi yang berdasarkan dengan nilai-nilai ilmiah. Sementara penelitian kuantitatif menggunakan data yang diolah dengan berbagai metode statistik. Nantinya akan dicari angka yang berfungsi untuk menguji hipotesis penelitian tersebut.

  1. Penelitian Berdasarkan Tingkat Kedalaman Analisis

Sesuai dengan tingkat kedalaman analisis, terdapat dua jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dan inferensial. Dalam penelitian deskriptif, analisis dilakukan dengan mendeskripsikan dari fakta yang didapatkan dari hasil pencarian data. Sementara dalam inferensial, ia melakukan pengujian hipotesis dengan cara menganalisa hubungan antara variabel yang ada.

  1. Macam macam Jenis Penelitian “Penelitian Berdasarkan Masalahnya”

Penelitian yang dilihat dari karakteristik masalahnya dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya yaitu deskriptif, studi kasus, korelasional, dan kausal-komparatif. Dalam penelitian deskriptif, ia berfungsi untuk memberikan gambaran tentang isu, tanpa ada dilakukan pengujian hipotesis. Penelitian studi kasus bertujuan untuk memahami latar belakang suatu kasus dengan melihat hubungan di antara para aktor.  Untuk penelitian korelasional, ia mencari seberapa jauh dari korelasi variabel yang saling berkaitan. Sementara untuk penelitian kausal-komparatif, ia mencari hubungan sebab-akibat dari sebuah isu.

Artikel di atas menjelaskan tentang macam-macam jenis penelitian berdasarkan tiga faktor yang mempengaruhi analisanya. Penggunaan jenis penelitian dapat mempengaruhi proses pelaksanaan penelitian dan juga hasilnya. Hal ini perlu untuk ditentukan agar tujuan dapat tercapai dengan tepat macam macam metode penelitian.

3+ Macam macam Jenis Penelitian yang Harus di Kenali

Tinggalkan komentar