Macam Macam Metode Penelitian Paling Lengkap dan Terbaru

Macam Macam Metode Penelitian – Dalam membuat sebuah karya ilmiah, jurnal, skripsi dan tugas akhir lainnya yang dibuat untuk pendidikan atau untuk kebutuhan masyarakat luas maka untuk mempermudah dalam menganalisis datanya, Anda akan membutuhkan sebuah metode penelitian.

Macam macam metode penelitian sendiri oleh sosiolog di bagi menjadi 3, yaitu metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan juga campuran. Jenis-jenis metode penelitian yang digunakan juga akan menjadi kerangka penelitian dan berperan penting dalam menentukan hasil dari penelitian tersebut.

Kemudian dari ketiga metode penelitian tersebut pun terdiri lagi dari berbagai macam macam metodologi penelitian yang bisa jadi termasuk jenis metode penelitian kualitatif, kuantitatif atau campuran.

Metode penelitian ini merupakan acuan instrument yang akan Anda gunakan saat meneliti suatu hal. Perbedaan yang amat mencolok antara jenis jenis penelitian kualitatif dan jenis jenis penelitian kuantitatif adalah bahwa penelitian kualitatif ini menggunakan data non numerik sedangkan kuantitatif menggunakan data numerik bisa berupa tabel, grafik dan lainnya.

Dengan penelitian kuantitatif maka Anda bisa mendapatkan data akurat melalui analisis data yang bisa didapat dari angket dan lainnya. Sedangkan untuk penelitian kualitatif bisa mendapatkan deskripsi lebih jelas mengapa suatu fenomena yang diteliti itu terjadi melalui data yang bisa didapatkan langsung dari wawancara dan observasi.

Jenis jenis penelitian sosial lebih banyak menggunakan metode penelitian kualitatif daripada penelitian kuantitatif. Namun ada juga jenis jenis penelitian sosiologi yang menggunakan metode kuantitatif dalam pengolahan datanya. Sedangkan metode penelitian campuran adalah metode penelitian yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Agar bisa lebih memahami tentang metode penelitian maka sebaiknya Anda juga mempelajari apa itu pengertian metode penelitian menurut para ahli, sehingga Anda akan lebih mendalam lagi paham mengenainya dan bisa menerapkannya dengan baik untuk penelitian yang akan Anda lakukan selanjutnya. Berikut ini beberapa pengertiannya menurut para ahli :

  • Dr. Sugiyono

Menurut Prof, Dr. Sugiyono sebuah metode penelitian adalah cara yang ilmiah dalam mendapatkan data tertentu untuk digunakan pada kebutuhan tertentu.

  • Muhiddin Sirait

Muhiddin Sirait berpendapat bahwa metode penelitian adalah sebuah cara yang bisa membantu Anda menentukan judul riset tersebut. Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa metode penelitian yang dipilih bisa menentukan hasil yang berbeda dari sebuah penelitian.

  • Heri Rahyubi

Lain halnya dengan Heri Rahyubi yang mengaitkan metode penelitian sebagai sebuah model yang digunakan untuk mendapatkan kegiatan belajar mengajar yang lebih baik.

Demikian beberapa pengertian metode penelitian menurut ahli, pastinya akan bisa membantu Anda dalam menentukan salah satu  metode dari macam macam metodologi penelitian yang ingin Anda gunakan dalam riset Anda.

Metode Penelitian Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif

Salah satu dari macam macam metode penelitian yaitu metode kualitatif merupakan metode non numerik artinya analisis data yang digunakan tidak berupa angka. Untuk metode penelitian kualitatif sendiri ada beberapa macam macam pendekatan penelitian yang termasuk ke dalam metode yang satu ini, berikut beberapa metode yang termasuk ke dalam metode penelitian kualitatif :

  • Metode Etnografi

Dalam metode etnografi ini maka seorang peneliti akan meneliti mengenai tindakan, perilaku dan bahasa yang digunakan oleh suatu masyarakat budaya tertentu yang tinggal pada lingkungan alaminya dalam jangka waktu yang lama. Pendekatan yang akan dilakukan oleh si peneliti dalam hal ini meliputi observasi partisipatif yang artinya peneliti berbaur dan secara aktif masuk ke dalam kehidupan masyarakat yang diteliti, sehingga secara langsung peneliti bisa benar-benar paham mengenai fenomena yang terjadi di dalamnya.

  • Metode Studi Kasus

Metode yang termasuk ke dalam metode kualitatif ini biasanya merupakan penelitian yang berkaitan dengan kasus tertentu yang pengambilan datanya bisa dilakukan dengan wawancara, observasi atau konsultasi secara pribadi dengan orang yang terlibat dalam kasus tersebut. Dengan metode studi kasus ini maka bisa didapatkan hasil penelitian dari kasus tersebut yang terperinci dan mendalam.

  • Metode Fenomenologi

Jenis metode yang satu ini lebih cocok untuk penelitian yang berkaitan dengan filosofi, psikologi dan sosiologi. Metode penelitian fenomenologi adalah metode penelitian yang bisa digunakan untuk memahami fenomena yang terjadi dalam kehidupan jika dilihat dari sisi subyektif seseorang.

Ketiga metode penelitian tersebut hanya beberapa dari banyaknya metode penelitian yang termasuk ke dalam metode kualitatif, Anda bisa memilih salah satunya untuk bisa mengetahui manakah metode paling sesuai untuk Anda gunakan untuk macam macam jenis penelitian yang berbeda.

Macam Macam Metode Penelitian “Metode Penelitian Kuantitatif”

Macam Macam Metode Penelitian "Metode Penelitian Kuantitatif"

Berikut ini beberapa metode yang termasuk ke dalam metode penelitian kuantitatif :

  • Metode Deskriptif – Kuantitatif

Pada saat Anda menggunakan metode deskriptif – kuantitatif maka Anda akan menggunakan metode yang mendeskripsikan sebuah data numerik misalnya dengan bahasa rata-rata atau frekuensi. Pada saat menggunakan metode penelitian yang satu ini maka peneliti akan lebih berfokus pada “apa” yang terjadi tanpa mempertanyakan lebih lanjut “mengapa” peristiwa tersebut terjadi.

  • Metode Korelasional

Sesuai dengan namanya maka metode koresional ini merupakan bentuk metode yang digunakan pada penelitian kuantitatif yang ingin melihat suatu hubungan atau korelasi antara dua variabel atau bahkan lebih dari itu. Namun demikian metode ini tidak bisa digunakan untuk meneliti hubungan sebab – akibat pada suatu variabel.

  • Metode Eksperimental

Metode ini biasanya digunakan untuk mendukung atau membantah suatu hipotesis yang sudah ada. Peneliti akan memanipulasi satu variabel atau lebih yang ada dalam penelitian tersebut sehingga nantinya bisa digunakan untuk membuktikan hipotesis yang sudah ada. Dengan adanya metode eksperimental ini nantinya bisa membantu untuk memperkuat sebuah hipotesis yang ada.

Metode Campuran

Metode Campuran

Saat Anda menggunakan metode campuran pada penelitian Anda, maka Anda akan menggabungkan dua metode yaitu kualitatif dan kuantitatif dalam satu penelitian. Dengan demikian Anda perlu mengumpulkan data numerik dan data non numerik sekaligus untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih luas dari berbagai perspektif.

Tentunya akan lebih memusingkan untuk menggunakan kedua metode secara bersamaan, karena dengan demikian waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan penelitian pun menjadi lebih lama. Namun demikian Anda nantinya bisa mendapatkan hasil penelitian yang lebih kuat karena melibatkan angka dan deskripsi di dalamnya.

Pada awalnya metode campuran dilakukan, karena baik itu metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif keduanya memiliki kekurangan masing-masing, sehingga dengan menggabungkan keduanya akan mampu meminimalkan kekurangan tersebut dan memberikan jawaban yang lebih baik pada penelitian yang dilakukan.

Pada akhirnya keputusan berada di tangan Anda, metode manakah dari macam macam metode penelitian ini yang akan Anda gunakan dalam penelitian yang Anda laksanakan. Mana yang sekiranya lebih cocok tentunya akan sangat menentukan seberapa baik hasil yang didapat dari penelitian tersebut. Maka dari itu ada baiknya Anda berkonsultasi pada pihak yang lebih ahli mengenai ini agar bisa menentukan metode penelitian yang cocok digunakan.

Macam Macam Metode Penelitian Paling Lengkap dan Terbaru

Tinggalkan komentar