Macam-macam Metodologi Penelitian : Survey, Groundet dll Lengkap

Macam-macam Metodologi Penelitian – Dalam melakukan penelitian, metodologi merupakan komponen paling dasar yang harus dipahami karena hal ini akan menentukan arah penelitian. Perlu juga untuk peneliti memahami macam-macam metode penelitian demi lancarnya penelitian yang dilakukan. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat apa itu metodologi dan juga tidak lupa macam-macam metodologi penelitian untuk menjadi pertimbangan dalam melakukan penelitian.

Pengertian Tentang Metodologi Penelitian

Pengertian Tentang Metodologi Penelitian

Dalam melakukan sebuah penelitian, proses untuk menjawab dari hipotesis atau pertanyaan penelitian menjadi bagian yang penting agar dapat mendapatkan data. Oleh karena itu, perlu untuk mencari cara sistematis yang dapat untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut. Hal ini juga dikenal dengan nama metodologi penelitian. Cara sistematis ini akan mempermudah peneliti untuk dapat mencari kesimpulan dari hasil akhir yang didapatkan. Dalam penelitian, menghadapi berbagai masalah dalam prosesnya merupakan hal yang biasa ditemui.

Peran dari metodologi penelitian, yaitu untuk membantu menyelesaikan masalah yang ditemui tersebut. Jika penelitian dilakukan secara sistematis, berbagai macam permasalahan ini dapat diselesaikan dengan baik dan penelitian dapat tetap berjalan sesuai dengan sistem tersebut. Ada macam-macam metodologi penelitian yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan penelitian tersebut. Jika metodologi digunakan dengan tepat, maka tujuan penelitian juga akan dapat dicapai.

Berbagai Macam Metodologi Penelitian

Berbagai Macam Metodologi Penelitian

Dalam mendapatkan data, menjawab pertanyaan, serta mencapai tujuan, ada macam-macam metodologi penelitian yang dapat digunakan. Berbagai jenis ini dapat digunakan dalam berbagai cara sesuai dengan yang diharapkan. Jenis tersebut diantaranya:

  1. Metodologi penelitian survey yang memiliki instrumen penelitian dalam bentuk kuisioner. Pengambilan data menggunakan responden yang diambil dari sampel yang dapat merepresentasikan populasinya.
  2. Metodologi penelitian grounded atau juga dikenal dengan grounded research lebih mengarah kepada pembentukan teori baru yang berasal dari data penelitian yang diambil. Secara umum, peneliti yang menggunakan jenis ini tidak menyertakan teori apapun dalam penelitiannya. Peneliti nantinya dapat menyimpulkan teori baru dari hasil data lapangan yang sudah dianalisis. Data diperoleh dari partisipan lapangan yang dipelajari tindakannya, terutama dengan masyarakat.
  3. Studi kasus merupakan metodologi yang digunakan ketika peneliti ingin memahami lebih dalam terkait dengan kejadian dari kasus tertentu pada masyarakat atau kelompok di dalamnya.
  4. Metodologi penelitian fenomenologi digunakan ketika peneliti ingin memahami secara penuh dari pengalaman yang partisipan alami.
  5. Komparatif merupakan penelitian yang menggunakan perbandingan dari beberapa kasus.
  6. Penelitian naratif menggunakan pengalaman individu untuk digali lebih dalam dan digambarkan seperti apa pada hasilnya. Penelitian jenis ini biasanya digunakan untuk membuat biografi dari tokoh tertentu.
  7. Penelitian etnografi digunakan untuk peneliti agar dapat memberikan gambaran tentang pola yang ada di dalam kelompok dengan budaya tertentu.

Macam-macam metodologi penelitian merupakan bagian yang dasar dari adanya sebuah penelitian. Hal ini menjadi sangat penting untuk digunakan karena akan menentukan sistematis dari penelitian tersebut. Metodologi ini ada untuk mempermudah pelaksanaan penelitian agar dapat mencapai tujuannya.

Macam-macam Metodologi Penelitian : Survey, Groundet dll Lengkap

Tinggalkan komentar