Manfaat Temulawak untuk Jantung yang Perlu Diketahui

manfaat temulawak untuk jantung – Penyakit jantung koroner disebabkan dengan adanya sumbatan pada pembuluh darah ke jantung oleh plak. Hal ini menyebabkan jantung tidak memperoleh darah serta oksigen secara cukup. Penyakit ini dapat diperparah dengan adanya peradangan yang terjadi di dalam pembuluh darah. Namun perlu anda ketahui bahwa senyawa kurkumin yang terdapat di dalam temulawak serta kunyit mempunyai efek anti radang sehingga sangat baik untuk pengobatan kuratif pada penyakit jantung koroner. Lalu apa saja manfaat temulawak untuk jantung?.

Manfaat Temulawak untuk Jantung yang Perlu Diketahui

Manfaat Temulawak untuk Jantung yang Perlu Diketahui

Temulawak dengan nama asing Curcuma Xanthorrhiza merupakan kerabat dari kunyit (Curcuma Longa). Keduanya telah digunakan sebagai obat sejak zaman nenek moyang dulu. Pada temulawak terkandung zat warna kuning yang disebut dengan kurkuminoid yang memiliki efek anti radang.

Radang adalah respon yang ditimbulkan karena adanya kerusakan jaringan. Dengan adanya kurkuminoid, berfungsi untuk menghancurkan, mengurangi, mengurung agen pencedera atau disebut juga jaringan yang luka. Pada peristiwa aterosklerosis, plak bisa berubah menjadi tidak stabil, pecah atau rupture, serta terjadi mekanisme protektif radang. Akan tetapi, radang tersebut justru akan semakin mempersempit aliran darah ke jantung.

Manfaat Temulawak untuk Jantung

Manfaat Temulawak untuk Jantung

Berdasarkan penelitian dari Bagian Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM menyebutkan bahwa kurkumin yang terdapat pada temulawak banyak manfaatnya. Khususnya untuk dalam pengobatan peradangan sindrom koroner akut bagi penderita jantung berperan efektif.

Selain sebagai anti inflamasi serta antioksidan yang sangat luar biasa, kurkumin juga dapat meningkatkan fungsi lapisan dalam pembuluh darah jantung atau endotel sehingga anda dapat terhindar dari serangan jantung.

Kurkumin yang terdapat pada temulawak efektif dalam menekan peradangan. Selain itu, juga dapat menekan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik. Kurkumin dapat pula menurunkan gliko HB yakni parameter pengendalian gula darah. Oleh karena itu, bukan hanya peradangan saja yang bisa ditekan kurkumin, akan tetapi faktor-faktor lain seperti kolesterol dan gula darah pada tubuh juga terkendali.

Meskipun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya manfaat temulawak untuk jantung. Namun mengkonsumsi temulawak secara terus menerus dapat memberikan efek samping yakni iritasi perut serta mual. Oleh karena itu, sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter apabila akan mengkonsumsi temulawak sebagai obat suatu penyakit. Karena meskipun berasal dari bahan alami, akan tetapi tanaman tersebut juga dapat memberikan efek negatif pada tubuh.

Manfaat Temulawak untuk Jantung yang Perlu Diketahui

 

Tinggalkan komentar